Surabaya Web and Mobile Application Developer | lapantiga.com

Chatt Us Now

+62.83.87275.83.83

Follow Us

@lapantigadotcom

Email Us

info@lapantiga.com
Quote Request Chatt Us
769
Mengenal lisensi aplikasi Free dan Open Source

Mengenal lisensi aplikasi Free dan Open Source

: lisensi, opensource, FSF

Free dan open source adalah dua istilah yang sama. Pengunaan Istilah "Free" lebih dulu digunakan, dan ini tercermin dalam nama Free Software Foundation (FSF), sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1985 untuk melindungi dan mempromosikan 'open source'. Kemudian untuk Istilah  (open source) diciptakan pada tahun 1998 oleh sekelompok orang yang merupakan pendiri Open Source Initiative (OSI).

Lisensi open source Itu sesuai dengan Open Source Definition. Pada Dasarnya pembuat aplikasi atau software nya ini memungkinkan secara luas penggunanya untuk digunakan secara bebas. dimodifikasi, dan kemudian di unggah lagi untuk digunakan orang lain. Lisensi ini juga bebas digunakan untuk tujuan komersil.

1. Sifat Lisensi Open Source.

Lisensi ini bebas untuk digunakan, dimodifikasi, dan di publikasikan kembali. Lisensi ini juga bebas digunakan untuk tujuan komersial.

2. Batasan dari Lisensi Open Source.

Tidak ada batasan untuk lisensi ini. Penggunakan program/aplikasi untuk tujuan apapun merupakan bagian dari Open Source Definition. Lisensi open source tidak diskriminasi terhadap bidang usaha. Akan tetapi tidak ada garansi untuk apapun akibat yang timbul dari penggunaan aplikasi yang bersifat open source. Semua resiko dari penggunaan aplikasi ini, ditanggung oleh user tersebut.

3. Beberapa situs yang menyediakan aplikasi open source.

Sejumlah situs web yang menyediakan aplikasi open source: berlios.de, sourceforge.net, code.google.com.

4. Hak Cipta pada kode Open Source.

Walaupun Anda secara bebas bisa menggunakan kode yang bersifat open source, tidak diperkenankan untuk menghapus nama pencipta dalam kode yang Anda gunakan. Secara umum, Anda tidak dibenarkan untuk menghapus pemberitahuan hak cipta yang sah, pemberitahuan hak cipta adalah pemberitahuan hukum dimana sumber informasi tentang asal dari kode sumber, jika Anda menghapus nya maka penguggah aplikasi tidak akan tahu dari mana atau siapa pembuat aplikasi tersebut. Jadi kesimpulanya, biarkan nama pembuat tetap tercantum dalam kode aplikasinya.

5. Menjual aplikasi dengan lisensi Open Source.

Anda bisa menjual aplikasi dengan lisensi Open source. Akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan sumber asal kode dari aplikasi yang Anda jual tersebut. Misalnya dengan tetap menyertakan sumber asal aplikasi atau siapa pembuat aplikasinya.

 

Wassalam.

source: http://opensource.org


Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Add a new comment: *